f- M Yasin/Linggau Pos
PELAYANAN : Sejumlah pegawai Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I sedang memberikan pelayanan kepada warga di loket pelayanan ‘Tajem Prima Smart’.
TABA JEMEKEH -Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I menerapkan program layanan satu pintu dengan membuka loket pelayanan Tajem Prima Smart. Program tersebut mulai dilakukan Senin (17/1).
Informasi tersebut seperti diungkapkan, Seketaris Lurah Taba Jemekeh, H Ari Maulana Putra yang juga ketua tim pelaksana program kesekretariatan Kelurahan Taba Jemekeh kepada wartawan koran ini, Selasa (18/1). Program ini merupakan salah satu bentuk pelayanan prima kepada 7.058 jiwa warga Kelurahan Taba Jemekeh. Loket layanan satu pintu ini sudah dapat dinikmati oleh masyarakat Kelurahan Taba Jemekeh.
“Layanan yang kami berikan demi untuk ketertiban administrasi sesuai Standar Layanan Prosedur (SOP) dengan menggunakan program Microsoft Excel. Kedisiplinan pegawai dan kemudahan administrasi masyarakat sehingga masyarakat pun mendapat berbagai pembelajaran alur pengurusan dan informasi seputar administrasi masyarakat sesuai SOP. Namun yang selalu kami kedepankan adalah pelayanan prima karena motto dari Program Tajem Prima Smart adalah kami siap melayani anda, Be a Smart for Taba Jemekeh Smart 2013,” jelasnya sembari menyebutkan Kelurahan Taba Jemekeh memiliki penduduk terbesar di Kota Lubuklinggau.
Ditambahkannya, dalam waktu dekat seluruh pegawai kelurahan Taba Jemekeh akan memakai Pin Tajem Prima Smart pada seragam dinas yang masih merupakan satu rangkaian dalam program ini. Disamping itu buflet informasi diletakkan di loket mengenai syarat disetiap pengurusan administrasi masyarakat supaya tercipta suatu administrasi yang valid serta kontinyu.
Ia mengungkapkan, program tersebut terinspirasi dari layanan satu pintu yang diterapkan salah satu kelurahan di Pemkot Bogor saat ia mengikuti Observasi Lapangan (OL) Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat IV (Diklat Pim IV). “Program ini terinspirasi setelah saya mengaikuti OL Diklat PIM IV,” ungkapnya.
Lurah Taba Jemekeh, Ahmad Heru, sangat mendukung program tersebut yang merupakan ide dan konsep dari tim kesekretariatan Kelurahan Taba Jemekeh diketuai oleh Seklur. Sehingga sangat bermanfaat untuk tanggung jawab, kedisiplinan dan ketertiban administrasi pegawai Kelurahan Taba Jemekeh.
“Dan jika layanan satu pintu ini berjalan lancar kami akan berusaha untuk menambah fasilitas loket tersebut sehingga dapat lebih meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat. Harapan saya ingin melihat animo dan tanggapan masyarakat tentang layanan ini. Kita akan melaksanakan lounching resmi pada Februari nanti. Semoga apa yang kami laksanakan ini dapat dinikmati oleh masyarakat khususnya Kelurahan Taba Jemekeh karen program layanan ini merupakan yang pertama kali untuk kelurahan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Mungkin dengan adanya program ini bisa menjadi kelurahan percontohan di Sumsel,” paparnya. (02/rls)
0 komentar