Manajemen Masih Merugi
LUBUKLINGGAU- Untuk triwulan pertama 2010, jumlah pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bukit Sulap Kota LubukLinggau mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan triwulan 2009. Demikian diungkapkan Direktur PDAM Tirta Bukit Sulap, Suparman, melalui Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Tirta Bukit Sulap, Iskandar Firdaus.
“Pada triwulan pertama 2009, jumlah pelanggan PDAM Tirta Bukit Sulap mencapai 8921 pelanggan. Untuk triwulan pertama 2010 jumlah pelanggannya bertambah menjadi 9403 pelanggan. Artinya, ada penambahan jumlah pelanggan hingga 482,” kata Iskandar.
Tetapi menurut Iskandar, meskipun ada penambahan jumlah pelanggan, belum mempengaruhi tingkat pendapatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sehingga sampai saat ini PDAM Tirta Bukit sulap tersebut belum mencatat laba.
Diterangkan Iskandar, pendapatan dari penjualan air kepada pelanggan dan masukan dari biaya pemasangan pelanggan baru, belum bisa menutupi biaya operasional setiap bulan. Karena biaya yang dikeluarkan sangat besar, seperti penambahan pipa-pipa baru dan perbaikan fasilitas-fasilitas penunjang kelancaran operasional perusahaan.
“Semakin banyak fasilitas dan alat yang ditambah atau diperbaiki, maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, PDAM Tirta Bukit Sulap masih mengalami kerugian,” jelasnya.
Disamping itu, tambah Iskandar, tidak semua pelanggan melunasi setiap pemakaian air sesuai rekening tagihan. Tetapi ia tidak menyebutkan secara rinci jumlah pelanggan yang belum melunasi rekening tagihan (menunggak).
Iskandar mengimbau kepada para pelanggan PDAM Tirta Bukit Sulap supaya membayar tagihan rekening air tepat waktu, dan jangan sampai terlambat atau menunggak. Karena uang dari pembayaran pelanggan inilah digunakan untuk perbaikan sarana dan prasaran penunjang operasional perusahaan agar air yang dihasilkan kualitasnya baik.
Dan setiap pelanggan mengalami keterlambatan pembayaran, lanjutnya, akan dikenakan sanksi berupa denda hingga pemutusan jaringan ke rumah pelanggan. “Jika pelanggan menunggak pembayaran rekening tagihan lebih dari tiga bulan, maka akan dilakukan pemutusan,” tegasnya.
Diakui Iskandar, masih banyak keluhan yang disampaikan pelanggan mengenai pelayanan PDAM Tirta Bukit Sulap, terutama masalah kualitas air yang mereka terima kurang bagus. Kemudian keluhan soal suplay air ledeng yang kurang lancar atau sering macet. “Untuk itu manajemen PDAM Tirta Bukit Sulap terus melakukan perbaikan jaringan, guna memuaskan pelanggan,”janjinya.(MG-01)
0 komentar